Blogger Widgets

Rabu, 26 Februari 2014

Misteri Jembatan Golden Gate

Jembatan Golden Gate dinobetkan menjadi salah satu jembatan terpanjang di dunia, sejak selesai pembangunannya pada tahun 1938. Akhirnya jembatan yang diciptakan atas rancangan Franklin
Delano Roosevelt guna mengatasi pengangguran serta untuk merangsang perekonomian Amerika ini, pasca Great Depression.


Dalam pembangunannya Jembatan Golden Gate memakan biaya sebesar USD 27 Juta Dollar dan berlangsung selama 4 tahun. Jembatan Golden Gate ini memiliki panjang hamper sekitar 2 km. Adapun dua proyek yang lain yang tidak kalah terkenalnya dari Jembatan Golden Gate serta dibangun pada periode Great Depression adalah gedung Empire State Building di New York, dan juga bendungan Hoover di perbatasan Arizona-Nevada.Pada luar statusnya sebagai icon kota San Fransisco, ketika dibangun jembatan Golden Gate mendapatkan reputasi yang cukup terhormat, yakni minimnya tingkat kecelakaan kerja. Selama massa pembangunannya, jumlah pekerja yang meninggal akibat kecelakaan kerja sekitar 11 orang.
Angka tersebut merupakan angka yang cukup istimewa pada massa itu, hal ini disebabkan karena pada pembangunan bendungan Hoover sebagai contoh, sekitar lebih dari 100 jiwa pekerja meninggal dunia. Minimnya angka kematian dalam pembangunan jembatan Golden Gate adalah dipasangnya jarring penyelamat. Sekitar kurang dari 19 jiwa pekerja dapat diselamatkan dengan jarring tersebut.

Namun tahukah anda, bahwa ternyata Jembatan ini juga merupakan jembatan yang difaforitkan sebagai tempat bunuh diri. Tidak ada satupun bangunan di dunia yang dalam fungsinya sebagai tempat bunuh diri ini yang mampu menandingi jembatan Golden Gate.

Sejak tuntas dibangun hingga saat ini, ada sekitar 1300 kasus bunuh diri yang berlangsung di jembatan ini. Saking banyaknya angka kematian akibat bunuh diri di jembatan ini maka pihak otoritas menghentikan penghitungan di angka 1000 kematian akibat bunuh diri di tahun 1995.
20 kasus bunuh diri tercatat sejak tahun 2005 terjadi di jembatan ini. Sebagian dari kasus bunuh diri ini terekam di kamera yang dipasang di beberapa bagian jembatan saat seorang pembuat film dokumenter Eric Steel memasang kamera di tempat ini.

Bandingkan tingginya kasus bunuh diri ini dengan obyek lain semisal Menara Eiffel yang sukses menjadi tempat peristiwa bunuh diri sebanyak 400 kasus padahal menara ini selesai jauh lebih dulu dari pada jembatan Golden Gate.

Tidak semua kasus bunuh diri yang dilakukan di jembatan Golden Gate berjalan dengan mulus. Hingga tahun 2003 sekitar 26 orang yang mencoba melakukan bunuh diri di jembatan Golden Gate gagal. Penyebab utamanya adalah mereka menghantam air dengan kaki duluan.

Meskipun demikian, hampir semua orang yang gagal dari usaha bunuh diri nya menyesali pilihan mereka menggunakan jembatan Golden Gate. Tidak heran, karena saat gagal kebanyakan dari orang yang selamat ini mengalami multiple fracture (patah tulang di berbagai lokasi) dan cedera organ internal.

Diperkirakan saat menghantam air dari ketinggian 67 meter kecepatan jatuh mencapai 120 km/jam yang berlangsung selama 4 detik. Pada kecepatan seperti itu  permukaan air bisa sama efeknya dengan permukaan beton.


Tingginya kasus bunuh diri inilah yang membuat otoritas pemerintah San Fransisco dan jembatan Golden Gate merencanakan membangun pagar pemisah, sehingga rel pemisah setinggi 1.2 meter yang saat ini berada di sisi timur jembatan akan ditinggikan sehingga semakin menyulitkan orang yang hendak bunuh diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar