Blogger Widgets

Jumat, 28 Februari 2014

Misteri Ebu Gogo, Makhluk Cryptozoology di Indonesia

Konon di Pulau Flores beredar cerita mengenai sosok aneh yang memiliki tinggi kurang dari 1meter dengan kepala sebesar buah jeruk & berbulu lebat disekujur tubuhnya dulu pada saat kedatangan kapal-kapal dari portugis sekitar 100 tahun yang lampau tepatnya pada abad ke 19 terlihat sekelompok manusia aneh & masyarakat sekitar menamainya Ebu Gogo.



Ebu Gogo, bissa kenali dengan cara berjalannya yang kikuk dengan telinga yang menjulur & komunikasi antara mereka pun terbilang aneh karena mereka berkomunikasi seperti orang yang berbisik yang dikatakan sebagai bahasa mereka, Penduduk pulau juga mengatakan bahwa Ebu Gogo bissa mengulang perkataannya berkali-kali tanpa artinya jelas sepertinya hanya mereka yang bissa mengerti arti pengulangan kata yang berkali-kali tersebut.

Ebu Gogo pun dikenal sebagai sosok yang sering mencuri makanan penduduk dengan sembunyi-sembunyi Ebu Gogo sering masuk kedalam rumah untuk mencari makanan, bahkan Ebu Gogo sering didapati menculik anak-anak. Dalam sebubah artikel di New Scientist (Vol. 186, No 2504) menceritakan pada abad ke-18, warga dusun melepas Ebu Gogo untuk menipu mereka menerima hadiah dari serat kelapa yang bissa digunakan untuk bahan pakaian & ketika Ebu Gogo mengambil serat tersebut di dalam goa yang telah dibuatkan perangkap masyarakat dusun melemparkan sijagomerah & membakarnya hidup-hidup, Cerita ini berlanjut hingga semua penghuni tewas, kecuali untuk satu pasangan, yang melarikan diri ke hutan terdalam & hingga sekarang diyakini keturunan mereka masih hidup dipedalaman hutan Flores.
Ebu Gogo yang diyakini telah punah diburu dari penduduk manusia Flores. Mereka percaya bahwa pemusnahan, yang memuncak sekitar tujuh generasi yang lampau, dilakukan karena Ebu Gogo mencuri makanan dari tempat tinggal manusia & menculik anak-anak.
Dari sekian banyak cerita turun temurun mengenai legenda Ebu Gogo, ada cerita yang membuat saya tergelitik dimana Ebu Gogo pernah menculik seorang anak penduduk dusun untuk diminta diajarkan memasak, lucunya anak-anak yang mengaku diculik dari Ebu Gogo kerap lolos dengan mudah karena anak-anak tersebut menceritakan Ebu Gogo mudah dikecoh & di kibuli.
Richard Roberts seorang profesor Universitas Wollongong Sydney, Australia salah satu tim menyelidiki Hobbit pernah mengatakan dalam sebuah penelitian mengenai Ebu Gogo, yang mungkin pernah punah akibat letusan Gunung berapi sekitar 12.000 tahun yang lampau, tetapi mereka juga bissa saja betahan dibagian lain di pulau Flores.
Penduduk dusun mengatakan bahwa Ebu Gogo terakhir terlihat sebelum desanya pindah lokasi, jauh dari gunung berapi, tidak lama sebelum penjajah Belanda menetap di Flores bagian tengah, di abad ke-19.
Bert, menemukan gumpalan kotoran dengan rambut hitam di dalamnya tapi belum tahu apakah mereka manusia atau sesuatu yang lain kita harus menjalani tes DNA dam kita harap mendapatkan kabar baik mengenai ini. telegraph.co.uk
Para pakar pun masih memperdebatkan, apakah Ebu Gogo manusia atau binatang Cryptozoology, mungkin Ebu Gogo adalah bagian integral dari mitologi manusia beberapa ilmuwan percaya bahwa rakyat Ebu Gogo mungkin hanya bagian dari memori budaya bersama Homo floresiensis karena tidak ada bukti yang cukup untuk mendukung teori ini. Namun, legenda Ebu Gogo menghilang sekitar 400 tahun yang lampau pada saat kedatangan para penjelajah Belanda & Portugis. Para ilmuwan yang bekerja meneliti Homo floresiensis menemukan Ebu Gogo mengacu sebagai “Hobbit” Cryptozoology.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar